Panduan Penggunaan Apache OpenOffice

Panduan Penggunaan Apache OpenOffice






A. Apache OpenOffice Writer


   Apache OpenOffice Writer adalah program perkantoran untuk mengolah kata dan sama seperti MS.Word pada MS.Office. Apache OpenOffice Writer berguna untuk membuat dokumen tulisan, misal surat, buku, laporan dll. Berikut adalah panduan penggunaan dari Apache OpenOffice Writer:

1. Buka aplikasi Apache OpenOffice. Lalu klik Text Document untuk menggunakan fitur Word Processing(Writer) pada Apache OpenOffice.



2. Berikut adalah fitur-fitur yang ada di Apache OpenOffice Writer. Terlihat tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word yang merupakan aplikasi berbayar. Berikut adalah penjelasan pada gambar dibawah ini:
  Berikut adalah penjelasan pada gambar diatas:
  1. Fitur menu yang ada di Apache OpenOffice Writer
     - File : Menu untuk pengaturan file, seperti new file, open
       file, save file, close file, print file, dan lain-lain. 
     - Edit : Menu untuk melakukan pengeditan text, seperti cut,
       copy, paste, undo, redo, select, find, replace, dan lain
       lain.
     - View : Menu untuk mengatur tampilan yang ada di aplikasi,
       seperti, zoom, toolbar, dan lain-lain.
     - Insert : Menu untuk melakukan insert sesuatu di aplikasi,
       seperti tabel, gambar, chart, dan lain-lain.
     - Format : Menu untuk pengaturan format tulisan
     - Table : Menu untuk pengaturan tabel di aplikasi
     - Tools : Menu untuk pengaturan tools yang disediakan oleh
       aplikasi
     - Window : Menu untuk mengatur window/jendela aplikasi
     - Help : Menu untuk memberi informasi bantuan kepada pengguna
       di aplikasi
 2. Lembar untuk tempat menulis/mengetik di Apache OpenOffice Writer
 3. Fitur untuk mengganti jenis tulisan (Font Type) di Apache
    OpenOffice Writer
 4. Fitur untuk mengganti ukuran tulisan (Font Size) di Apache
    OpenOffice Writer
 5. Fitur untuk mengatur tulisan menjadi tebal, garis bawah, dan
    miring di Apache OpenOffice Writer
 6. Fitur untuk mengatur posisi tulisan di Apache OpenOffice Writer
 7. Fitur untuk memberikan penomoran atau list (Bullets and
    Numbering) pada Apache OpenOffice Writer)
 8. Fitur untuk mengatur warna pada text, background di Apache
    OpenOffice Writer
 9. Fitur untuk mengatur zoom pada Apache OpenOffice Writer


B. Apache OpenOffice Calc

  Apache OpenOffice Calc adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti MS.Excel pada MS.Office. Berikut adalah panduan penggunaan dari Apache OpenOffice Writer: 
1. Buka aplikasi Apache OpenOffice. Lalu klik Spreadsheet untuk menggunakan fitur Spreadsheet(Calc) pada Apache OpenOffice 


2. Berikut adalah fitur-fitur yang ada di Apache OpenOffice Calc. Terlihat tidak jauh berbeda dengan Microsoft Excel yang merupakan aplikasi berbayar. 
 Berikut adalah penjelasan pada gambar diatas: 
 1. Fitur menu yang ada di Apache OpenOffice Calc 
    - File : Menu untuk pengaturan file, seperti new file, open
      file, save file, close file, print file, dan lain-lain. 
    - Edit : Menu untuk melakukan pengeditan text, seperti cut,
      copy, paste, undo, redo, select, find, replace, dan lain
      lain. 
    - View : Menu untuk mengatur tampilan yang ada di aplikasi,
      seperti, zoom, toolbar, dan lain-lain. 
    - Insert : Menu untuk melakukan insert sesuatu di aplikasi,
      seperti sheet, tabel, gambar, chart, object, dan lain-lain.
    - Format : Menu untuk pengaturan format tulisan 
    - Table : Menu untuk pengaturan tabel di aplikasi 
    - Tools : Menu untuk pengaturan tools yang disediakan oleh
      aplikasi
    - Window : Menu untuk mengatur window/jendela aplikasi 
    - Help : Menu untuk memberi informasi bantuan kepada pengguna di
      aplikasi 
 2. Lembar untuk tempat pengerjaan yang berupa cell di Apache
    OpenOffice Calc 
 3. Penomoran pada baris cell di Apache OpenOffice Calc 
 4. Pelabelan pada kolom di Apache OpenOffice Calc 
 5. Fitur untuk mengatur sheet yang ada di Apache OpenOffice Calc 
 6. Fitur untuk mengganti jenis tulisan (Font Type) di Apache
    OpenOffice Calc 
 7. Fitur untuk mengganti ukuran tulisan (Font Size) di Apache
    Apache OpenOffice Calc 
 8. Fitur untuk mengatur tulisan menjadi tebal, garis bawah, dan
    miring di Apache OpenOffice Calc 
 9. Fitur untuk mengatur posisi tulisan di Apache OpenOffice Writer 
 10. Fitur untuk mengatur format tulisan yang berupa angka, seperti
     persen, decimal, dan lain-lain pada Apache OpenOffice Calc 
 11. Fitur untuk mengatur border pada cell yang ada di lembar kerja
     Apache OpenOffice Calc 
 12. Fitur untuk mengatur warna pada text maupun background di
     Apache OpenOffice Calc 

 13. Fitur untuk mengatur zoom pada Apache OpenOffice Calc


C. Apache OpenOffice Impress


   Apache OpenOffice Impress adalah program untuk membuat presentasi, sama seperti MS.PowerPoint pada MS.Office. Berikut adalah panduan penggunaan dari Apache OpenOffice Impress:

1. Buka aplikasi Apache OpenOffice. Lalu klik Presentation untuk menggunakan fitur Presentasi pada Apache OpenOffice



2. Pilih type, Klik Next
- Empty Presentation : Membuat file presentasi baru tanpa menggunakan template
- From Template : Membuat file presentasi baru dengan menggunakan template yang disediakan oleh Apache OpenOffice Impress
- Open Existing Presentation : Membuka file presentasi yang sudah ada

3. Pilih design untuk slide, output medium. Jika sudah bisa melihat previewnya pada bagian yang sudah disediakan. Klik Next

4. Atur slide transisi dan type presentasinya. Klik Create



5. Berikut adalah fitur-fitur yang ada di Apache OpenOffice Impress. Terlihat tidak jauh berbeda dengan Microsoft Power Point yang merupakan aplikasi berbayar.

 Berikut adalah penjelasan pada gambar diatas:
 1. Fitur menu yang ada di Apache OpenOffice Impress
    - File : Menu untuk pengaturan file, seperti new file, open
      file, save file, close file, print file, dan lain-lain. 
    - Edit : Menu untuk melakukan pengeditan text, seperti cut,
      copy, paste, undo, redo, select, find, replace, dan lain-lain.
    - View : Menu untuk mengatur tampilan yang ada di aplikasi,
      seperti, zoom, toolbar, dan lain-lain.
    - Insert : Menu untuk melakukan insert sesuatu di aplikasi,
      seperti sheet, tabel, gambar, chart, object, dan lain-lain.
    - Format : Menu untuk pengaturan format tulisan, slide, dan
      lain-lain
    - Tools : Menu untuk pengaturan tools yang disediakan oleh
      aplikasi
    - Slide Show : Menu untuk pengaturan menamplikan slide, seperti
      slide show, animasi, transisi, dan lain-lain.
    - Window : Menu untuk mengatur window/jendela aplikasi
    - Help : Menu untuk memberi informasi bantuan kepada pengguna di
      aplikasi
 2. Fitur untuk menampilkan slide yang sudah dibuat di Apache
    OpenOffice Impress
 3. Lembar pengerjaan yang berupa slide di Apache OpenOffice Impress
 4. Fitur untuk mengatur layout, design, animasi, transisi dari
    slide di Apache OpenOffice Impress
 5. Fitur untuk membuat teks, garis, gambar pada slide di Apache
    OpenOffice Impress
 6. Fitur untuk mengatur zoom pada Apache OpenOffice Impress

6. Untuk mengatur format tulisan yang ada pada slide di Apache OpenOffice Impress dapat melakukan select pada tulisan yang akan diatur, maka akan muncul tab di sebelah kanan. Pada tab tersebut dapat mengatur jenis tulisan, ukuran tulisan, warna tulisan, line spacing, dan lain-lain.


D. Apache OpenOffice Base

   Apache OpenOffice Base adalah aplikasi untuk membuat database, seperti halnya MS.Acces pada MS.Office. Berikut adalah panduan penggunaan dari Apache OpenOffice Base:
1. Buka aplikasi Apache OpenOffice. Lalu klik Database untuk menggunakan fitur Database pada Apache OpenOffice

2. Pilih 
   - Create a new database : untuk membuat database yang baru
   - Open an existing database file : Membuka file database yang
     sudah ada/pernah dibuat
   - Connect to an existing database : Menghubungkan dengan database
     yang sudah ada dengan platform lain, seperti Oracle, MySQL
   Klik Next

3. Klik Finish, Lalu simpan file database

4. Berikut adalah fitur-fitur yang ada di Apache OpenOffice Base. Terlihat tidak jauh berbeda dengan Microsoft Access yang merupakan aplikasi berbayar.
 Berikut adalah penjelasan pada gambar diatas:
 1. Fitur menu yang ada di Apache OpenOffice Base
    - File : Menu untuk pengaturan file, seperti new file, open
      file, save file, close file, dan lain-lain. 
    - Edit : Menu untuk melakukan pengeditan, seperti cut, copy,
      paste, undo, redo, dan lain-lain.
    - View : Menu untuk mengatur tampilan yang ada di aplikasi,
      seperti, toolbar
    - Insert : Menu untuk melakukan insert sesuatu di aplikasi,
      seperti tabel, query, form, dan lain-lain.
    - Tools : Menu untuk pengaturan tools yang disediakan oleh
      aplikasi, seperti relationship
    - Window : Menu untuk mengatur window/jendela aplikasi
    - Help : Menu untuk memberi informasi bantuan kepada pengguna di
      aplikasi
 2. Fitur database yang ada di Apache OpenOffice Base

5. Untuk membuat tabel pada database dapat klik Icon Tables, lalu pilih task yang ingin dilakukan. Seperti membuat tabel baru dengan design view atau membuat tabel baru dengan penggunaan wizard
Lalu isi Field Name, Field Type, dan Description

6. Untuk membuat query pada database dapat klik Icon Queries, lalu pilih task yang ingin dilakukan. Seperti membuat query pada database dengan design view atau membuat query pada database dengan penggunaan wizard

7. Untuk membuat form untuk database dapat klik Icon Forms, lalu pilih task yang ingin dilakukan. Seperti membuat form pada database dengan design view atau membuat form pada database dengan penggunaan wizard

8. Untuk membuat report dari database yang sudah dibuat, klik Icon Forms, lalu pilih tasknya
Isi sesuai dengan informasi yang ada di database yang dibuat


E. Apache OpenOffice Draw

  Apache OpenOffice Draw adalah program untuk menggambar dan dilengkapi tool dalam menggambar obyek 3D, membuat efek kewarnaan dll. Berikut adalah panduan penggunaan dari Apache OpenOffice Draw: 
1. Buka aplikasi Apache OpenOffice. Lalu klik Drawing untuk menggunakan fitur Drawing pada Apache OpenOffice 

2. Berikut adalah fitur-fitur yang ada di Apache OpenOffice Draw. 
   1. Fitur menu yang ada di Apache OpenOffice Draw 
      - File : Menu untuk pengaturan file, seperti new file, open
        file, save file, close file, dan lain-lain. 
      - Edit : Menu untuk melakukan pengeditan, seperti cut, copy,
        paste, undo, redo, find, replace, dan lain-lain. 
      - View : Menu untuk mengatur tampilan yang ada di aplikasi,
        seperti, toolbar, zoom 
      - Insert : Menu untuk melakukan insert sesuatu di aplikasi,
        seperti gambar, chart, pages, table, dan lain-lain.
      - Tools : Menu untuk pengaturan tools yang disediakan oleh
        aplikasi, seperti Spelling 
      - Modify : Menu untuk melakukan modifikasi pada object,
        seperti flip, rotate, convert, dan lain-lain 
      - Window : Menu untuk mengatur window/jendela aplikasi 
      - Help : Menu untuk memberi informasi bantuan kepada pengguna
        di aplikasi 
   2. Fitur untuk menampilkan slide/pages yang sudah dibuat di
      Apache OpenOffice Draw 
   3. Lembar pengerjaan yang berupa slide/pages di Apache OpenOffice
      Draw 
   4. Fitur untuk membuat teks, garis, gambar pada slide di Apache
      OpenOffice Draw 
   5. Fitur yang disediakan untuk melakukan pengaturan pada object
      atau text yang sudah dibuat di Apache OpenOffice Draw Fitur
      untuk mengatur zoom pada Apache OpenOffice Draw


Referensi:


Post a Comment

0 Comments